..

Jumat, 08 Juni 2012

Masyarakat Samin di Bojonegoro


Masyarakat Samin Di Bojonegoro

Sedikit cerita dari saya .Sewaktu dalam perjalanan pulkam di bus saya duduk disebelah seorang pria, jangan negative thinking dulu. Waktu kami bercaap- cakap ternyata pria itu pandai sekali dalam hal sejarah maupun pemerintahan langsung saja. Satu obrolan yang sangat menambah pengetahuan saya tentang masyarakat samin yang berada di Bojonegoro.

Sepengetahuan saya di Bojonegoro memang ada yang namanya masyarakat samin tapi saya tidak tau dimana tepatnya. Sepengetahuan saya yang namanya masyarakat samin pada masa penjajahan adalah masyarakat yang berontak pada penjajah Belanda, dia tidak mau menjadi budak Belanda.

Dari informasi  yang saya dapat dari pria itu adalah bahwa msyarakat samin yang ada di Bojonegoro adalah masyarakat yang terpencil tinggalnya di dalam hutan daerah nggondang Bojonegoro, mereka tinggal di dalam hutan yang di dataran rendah mungkin saat ini jumlah mereka sudah bertambah, daerahnya sangat pelosok sekali dan sulit di jangkau oleh kendaraan. Masyarakat masih sangat kuno dan primitive mereka hanya makan singkong, ulat dan bahan pokok yang ada di daerah sekitar. Mereka tak begitu memperhatikan pendidikan hanya sebagian saja yang sekolah mendapat pendidikan.

Sejarah masyarakat samin itu dulu adalah akibat dari rasa trauma atas Kekerasan yang di lakukan oleh para penjajah Belanda.  Dahulu kan ada geraan 30 S PKI, dan orang samin itu di duga bagian dari PKI tersebut oleh orang belanda, sebab orang belanda susah membedakan antara rakyat biasa dan anggota PKI sehingga mereka menuduh orang samin itu adalah anggota PKI sehingga mereka banyak yang di siksa dan sebagiannya lari kehutan untuk berlindung  akibat rasa trauma atas kekerasan penjajah Belanda itu dan sampai saat ini mereka masih tinggal di dalah hutan itu. Begitulah cerita singkat tentang masyarakat samin yang ada di Bojonegoro Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar