..

Kamis, 07 Juni 2012

makalah menegemen fungsi- fungsi menejemen


“Fungsi-Fungsi Manajemen”
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah:
MANAJEMEN

Dosen Pembimbing: Deasy Tantriana, MM

Disusun Oleh Kelompo Iv
1.               Ahmad Sutrisno                          (B03211001)
2.               Erma Ayu Septiani                      (B03211008)
3.               Lutfi Maulana                              (B03211018)
4.               Rizqiyatus Shohibah                    (B03211029)
5.               Siti Indarwati                              (B03211031)

FAKULTAS DAKWAH
JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM/C1
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2012
KATA PENGANTAR
Alkhamdulillah, segala puji hanyalah milik Allah SWT yang telah memudahkan segala urusan kami sehingga selesai jualah makalah kami yang berjudul “Fungsi-Fungsi Manajemen”.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, beserta sahabat, keluarga, dan pengikut akhir zaman.
Makalah ini diajukan sebagai tugas kelompok mata kuliah Manajemen.
Kami menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Untuk itu kami menerima kritik dan saran demi penyempurnaan makalah ini di masa mendatang.
            Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu  Deasy Tantriana, MM selaku pembimbing kami dalam mata kuliah ini, serta teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini sehingga makalah ini dapat selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita. Amin.

Surabaya, 15 April 2012

                              Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kata manajemen tampaknya sudah begitu sering kita dengar. Manajemen erat kaitannya dengan konsep organisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka ada baiknya kita memahami dulu pengertian dari organisasi. Menurut Griffin (2002) Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam stuktur-dan-koordinasi tertentu dalam mencapai tujuan tertentu.
Berbagai organisasi memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis organisasinya. Organisasi politik misalnya, dapat memiliki untuk menyalurkan aspirasi rakyat melalui aturan kelembagaan politik tertentu. Atau bisa juga organisasi politik bertujuan untuk meraih kursi kekuasaan - kekuasaan sebanyak-banyaknya agar perannya sebagai aspirasi rakyat dapat terwujud secara optimal. Disisi lain organisasi memiliki tujuan untuk mewujudkan suatu tujuan yang ditujukan dan untuk mewujudkan itu di butuhkan suatu kemenejemenan organisasi. Dalam menejemen mempunyai beberapa fungsi yang di gunakan dalam menjalankan suatu menejemen organisasi

A.  Rumusan Masalah
1.      Berapa jumlah fungsi manajemen menurut seorang tokoh?
2.      Fungsi manajerial apa saja yang digunakan para manajer pada umunya?
3.      Bagaimanakah cara pengaplikasian fungsi-fungsi tersebut?
4.      Untuk apa fungsi-fungsi tersebut?
B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui beberapa fungsi manajemen menurut seorang tokoh.
2.      Untuk mengetahui fungsi-fungsi yang digunakan oleh para manajer pada umumnya.
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan fungsi-fungsi tersebut.
4.      Untuk mengetahui manfaat dari fungsi-fungsi ttersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Fungsi-Fungsi Manajemen
Berikut merupakan fungsi-fungsi manajemen yang paling penting yang berasal dari klasifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manajerial menurut Terry yaitu:
1.      Planning atau Perencanaan
Planning adalah menetapkan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan.[1]
Di damping itu, rencana memungkinkan :
a.       Organisasi bisa memperoleh dan mengikat sumber- sumberdaya yang di perlukan untuk mencapai suatu tujuan.
b.      Para anggota organisasi untuk melaksanakan kegiatan- kegiatan yang konsisten dengan berbagai tujuan dan prosedur terpilih
c.       Kemajuan dapat terus dimonitor dan diukur, sehingga tindakan korektif dapat di ambil bila tingkat kemajuan tidak memuaskan.
Planning merupakan fungsi manajemen yang berkenaan dengan pendefinisian sasaran untuk kinerja organisasi di masa depan dan untuk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yang digunakan, yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tersebut.
Fungsi ini digunakan untuk menentukan garis-garis besar untuk dapat memulai usaha. Misalnya pada kebijaksanaan ditentukan, rencana kerja disusun, baik mengenai saat bila, maupun mengenai cara bagaimana usaha itu akan dikerjakan. Fungsi ini dapat membantu  manajer untuk dapat berpandangan kedepan dengan tujuan yang terang.



2.      Organizing atau Menyusun
Fungsi ini merupakan fungsi kelanjutan dari planning, fungsi ini digunakan untuk menyusun atau menggolongkan tugas-tugas para pelaku manajemen mulai dari atasan sampai dengan bawah-bawahannya.
Dari pengelompokan tersebut maka, para pelaku manajemen mendapatkan kekuasaan yang dideleger padanya dari atas.[2]
Fungsi ini mencakup beberapa tahap yakni:
a.       Membagi kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kedalam kelompok-kelompok.
b.      Membagi tugas kepada seorang manajer untuk mengadakan pengelompokan tersebut.
c.       Menetapkan wewenang di antara kelompok atau unit-unit organisasi.
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
1.    Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
2.    Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
3.     Penugasan tanggung jawab tertentu
4.    Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.

3.      Actuating atau menggerakkan untuk bekerja
Fungsi ini meliputi kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer untuk mengawali dan melanjutkan kegiatan yang ditetapkan oleh unsure perencanaan dan pengorganisasian agar tujuan-tujuan dapat tercapai.
Kegiatan-kegiatan manajer ada di dalamnya yaitu antara lain:[3]
a.        Leadership(kepemimpinan),
b.      Perintah,
c.       Intruksi,
d.      Communication(hubung-menghubungi), dan
e.       Counseling(nasehat).
Tujuan dari fungsi ini adalah untuk membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan, dan harus mereka lakukan. Fungsi ini melibatkan kualitas, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan- kegiatan kepemimpinan seperti komunikasi, motivasi dan disiplin.
4.      Controlling atau Pengawasan dan Penelitian
Semua fungsi terdahulu tidak akan efektif tanpa fungsi pengawasan (controlling).
Controlling adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dengan sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
Fungsi ini digunakan oleh para manajer pada umumnya, karena fungsi ini dianggap perlu untuk mengontrol atau mengoreksi apa yang telah dilakukan, untuk memastikan apakah pekerjaan pegawai-pegawainya berjalan dengan memuaskan dan menuju kearah tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Mungkin ada beberapa pebedaan-perbedaan, tunggakan dalam pekeerjaan, kesalah fahaman di dalam melakukan tugas atau ada halangan yang tiba-tiba muncul.
Ada beberapa cara untuk melakukan perbaikan, termasuk merubah rencana dan bahkan tujuannya, mengatur kembali tugas-tugas atau merubah wewenang, tetapi seluruh perubahan tersebut dilakukan melalui manusianya. Orang yang bertanggung jawab atas penyimpangan yang tidak diinginkan itu harus dicari dan mengambil langkah-langkah perbaikan terhadap hal-hal yang sudah atau akan dilaksanakan.
BAB III
KESIMPULAN

Menejemen mempunyai beberapa fungsi yang penting yakni :
  1. Planning merupakan fungsi manajemen yang berkenaan dengan pendefinisian perencanaan sasaran untuk kinerja organisasi di masa depan dan untuk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yang digunakan dan dibutuhkan untuk mencapai sasaran tersebut.
  2. Organizing merupakan fungsi manajemen yang berkenaan dengan penugasan mengelompokkan tugas-tugas dari atasan hingga bawahan.
  3. Actuating  merupakan fungsi manajemen yang berkenaan dengan bagaimana menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi.
  4. Controlling fungsi manajemen yang berkenaan dengan pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yang sesuai dengan sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
Semua fungsi lainnya sangat tergantung pada fungsi ini, di mana fungsi lain tidak akan berhasil tanpa perencanaan dan pembuatan keputusan yang tepat,  cermat dan kontinyu. Tetapi sebaliknya perencanaan yang baik tergantung pelaksanaan efektif fungsi- fungsi lain. Masing- masing fungsi mempunyai keterkaitan dan saling berhubungan.

  
DAFTAR PUSTAKA

George R. Retry. 1993 Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Panglaykim. 1986. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Handoko T.Hani. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.


[1] George R. Retry, Prinsip-Prinsip Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993), h. 17
[2] Panglaykim, Manajemen Suatu Pengantar, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986), h. 39
[3] Ibid, Manajemen Suatu Pengantar, h. 40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar